Halo teman - teman! Kembali lagi dengan saya Sheila Ivania, dari HTB UC angkatan 2017. Saya mau sharing mengenai apa yang sudah saya dapatkan dari Week 2 mata kuliah Leisure Business yang dibawakan oleh Pak I Dewa Gde Satrya Widya Dutha.
Menurut kalian, leisure business itu apasih? Bisnis yang seneng-seneng aja? Bisnis yang buat relieve stress?
Jadi leisure business itu adalah bisnis yang segmennya fokus di rekreasi, entertainment, olahraga, dan masih banyak lagi, yang dilakukan untuk mengisi waktu luang konsumen.
Sebelum masuk lebih dalam ke Leisure Business, apakah kalian masih ingat dengan
5 Characteristic of Services?? Ada apa aja hayo? Pasti sudah lupa semua. Saya akan review kembali apa aja sih 5 Characteristic of Services itu.
1. Intangibility.
Intangibility means they cannot be seen, felt, heard, tasted or smelt before purchase. Intangibility berarti tidak bisa dilihat, dirasakan, diraba, atau didengar sebelum pembelian. Contohnya Garuda Indonesia yang memenangkan award "World's Best Cabin Crew 2014". Garuda memenangkan award tersebut karena service mereka yang excellent. Customer tidak bisa menilai Garuda Indonesia sebelum mereka melakukan transaksi di Garuda.
2. Inseparability
Inseparability means an overlap between the production and performance of the service, and the consumption of it. Contohnya servicesnya Marriott, mulai dari hotel amenities yang bintang 5, business center, non smoking rooms, helicopter service, currency exchange, 24 hours room service, barber shop, same day laundry, dan masih banyak lagi.
3. Heterogeneity
Difficult for services to be provided to the same standard at every consumption occasion. Contohnya floating breakfast dan in-villa BBQ dinner.
4. Perishability
Perishable in that if the service is not sold, then the business can never be recovered. Barang yang tidak bisa dijual, tidak bisa digantikan. Contohnya kamar hotel di Shangrila pada tanggal 13 Agustus sudah ready untuk dijual, namun pada akhirnya tidak laku, jadi profit untuk hari itu tidak maksimal dan tidak bisa digantikan.
5. Lack of ownership
The customer has access to the activity or facility only when he or she buys a service. Contohnya ketika kita beli tiket nonton di Cinema XX1, meskipun kita pulang, Cinema XX1 bukan milik kita. Berbeda dengan ketika kita beli sepatu Adidas, saat kita pulang, sepatu Adidas tersebut jadi milik kita.
Konsep dari Leisure sendiri ada 5, yaitu:
1. Leisure as a time
Leisure adalah waktu ketika seseorang tidak bekerja
Leisure adalah waktu yang terbuang dari seseorang ketika sedang melakukan aktivitasnya
Leisure adalah waktu yang telah dihabiskan seseorang berdasarkan keputusan dan pilihan yang ia tentukan
2. Leisure as activity
Leisure adalah sebuah aktivitas yang melibatkan orang yang sebenarnya tidak begitu dibutuhkan.
Terdapat 4 level di dalam leisure, yaitu PASIF (seperti nonton bioskop), EMOSIONAL, AKTIF, dan KREATIF (theater, seni lukis, dll).
Leisure adalah sebagai alasan untuk pembentuk diri / pengembangan diri. Untuk mencari jati diri kita
Leisure berhubungan dengan keadaan emosional. Contohnya seperti meditasi di pinggir pantai dan pola pikir kita dinetralkan kembali.
Leisure berhubungan dengan relaksasi dan pertumbuhan pribadi kita
Leisure memberikan kesempatan kepada orang asing untuk terbiasa dan menikmati budaya yang bukan milik mereka. Bisa jadi kebiasaan mental dan spiritual yang berhubungan dengan budaya. Contohnya David Beckham yang tinggal di Bali dan mulai terbiasa dengan budaya Bali.
5. Leisure as a way of life
Leisure berhubungan dengan ide-ide kebebasan diri dan konsep hidup baru yang lebih baik, mayoritas terdapat pada negara liberal seperti Amerika.
Leisure Activities ini adalah turunan dari kelima leisure business tadi, bentuk fisik leisure diantaranya seperti membaca, olah raga, film, jalan, music, games, belanja, atraksi, dll.
Tourism means as a short-term movement of people to places some distance from their normal place of residence to indulge in pleasurable experiences and activities.
Jadi kata kuncinya adalah a short term movement.
Hospitality means mainly concerned with the provision of places to sleep and food and drink. Not all hospitality consumers are tourists, therefore, as some will be people going to their local bar for a drink or restaurant for a meal.
Jadi kata kuncinya adalah places to sleep and food and drink.
Leisure is a concept of time, whereas tourism is an activity and hospitality is concerned with the provision of services.
KEY COMPONENTS OF THE TOURISM INDUSTRY
Komponen kuncinya adalah Travel Agent, Tour Operators, Tourism Information, Online Travel Services, Accomodation, Transportation.
Kenapa sih kok orang suka traveling?
Orang suka traveling buat holiday (liburan, mengisi waktu luang), education (pendidikan), sightseeing (mengunjungi tempat-tempat), business, Visiting Tourist Attraction (VTA), dan Visiting Friends and Relatives (VFR)
The Leisure Consumer ada 9 macam, yakni:
- The Sportsperson, adalah segmen yang ditujukan untuk orang yang hobi berolahraga.
- The Student, adalah segmen yang dituju adalah golongan pelajar
- The Artist, adalah segmen yang ditujukan adalah penggemar seni dan budaya. Contoh pameran seni lukis di Jakarta
- The Hedonist, adalah satu segmen yang hobi judi, gambling, treatment, dan sebagainya
- The Consumer, segmen terbesar yang bisnisnya berupa produk maupun service dalam bidang Food and Beverages dimana segmennya adalah semua orang.
- The Spiritualist, segmen yang ditunjukan untuk orang yang kurang puas dengan kondisi hidupnya dan sedang mencari kedamaian serta kebahagiaan.
- The Tourist, adalah konsumen yang suka bepergian jauh/traveling.
- The Home Lover, adalah konsumen yang suka dengan aktifitas rumah. Contoh bioskop, gym.
- The Shopper, adalah konsumen yang suka berbelanja.
Kenapa orang - orang menggunakan Leisure Facilities?
untuk fitness, health, relaxation, entertainment, spiritual wellbeing, challenge, social opportunities.
Dimana biasanya Leisure itu ada?
Demikian penjelasan yang bisa saya sampaikan.
Terimakasih sudah membaca
Sheila Ivania
40117001
Leisure Summary Week 3
Leisure Summary Week 3
Tidak ada komentar:
Posting Komentar